PENGARUH SELEBRITI ENDOSER IKLAN “KARTU XL” TERHADAP SIKAP KEPADA IKLAN DAN MINAT BELI KONSUMEN (Survey pada Pemirsa Televisi di Kecamatan Kalasan Sleman)

ANTONIO SOARES , LEMOS (2012) PENGARUH SELEBRITI ENDOSER IKLAN “KARTU XL” TERHADAP SIKAP KEPADA IKLAN DAN MINAT BELI KONSUMEN (Survey pada Pemirsa Televisi di Kecamatan Kalasan Sleman). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (13Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh daya tarik selebriti endoser secara bersama-sama terhadap sikap kepada iklan. (2) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan selebriti endoser secara bersama-sama terhadap sikap kepada iklan. (3) Untuk mengetahui pengaruh keahlian selebriti endoser secara bersama-sama terhadap sikap kepada iklan. (4) Untuk mengetahui pengaruh sikap kepada iklan terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat yang tingal di wilayah kecamatan kalasan kabupaten sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemirsa televisi yang pernah melihat atau menonton produk kartu XL di televisi yang dibintangi oleh Tukul Arwana pada wilayah kecamatan kalasan kabupaten sleman. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dan di uji coba terdahulu pada 30 responden dengan menggunakan metode non random sampling dengan teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel (Sugiyono, 2005). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan linear sederhana. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS 17,0 menunjukkan bahwa (1) secara parsial variabel daya tarik berpengaruh signifikan positif terhadap sikap kepada iklan, diperoleh koefisien regresi daya tarik se sebesar 715 (positif) nilai t hitung 2,346 dengan tingkat signifikan (p) sebesar 0,021 dan t hitung lebih kecil dari 0,05. (2) secara parsial variabel kepercayaan berpengaruh signifikan positif terhadap sikap kepada iklan, koefisien regresi kepercayaan sebesar 0,500(positif) nilai t hitung 8,474 dengan tingkat signifikan (p) sebesar 0,000 dan t hitung lebih kecil dari 0,05. (3) secara parsial variabel keahlian berpengaruh signifikan positif terhadap sikap kepada iklan, koefisien regresi kepercayaan sebesar 0,355(positif) nilai t hitung 4,934 dengan tingkat signifikan (p) sebesar 0,000 dan t hitung lebih kecil dari 0,05. (4) secara parsial variabel sikap kepada iklan berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen, koefisien regresi kepercayaan sebesar 0,914(positif) nilai t hitung 12,143 dengan tingkat signifikan (p) sebesar 0,000 dan t hitung lebih kecil dari 0,05. koefisien determinasi R2 adjusted sebesar 0,601 yang berarti bahwa sekitar 60,1% variasi pada minat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel sikap kepada iklan, sedangkan sisanya sebesar 39,9% diterangkan oleh variasi lain di luar model penelitian. Kata Kunci: Pengaruh Selebriti Endoser Iklan “Kartu XL” Terhadap Sikap Terhadap Iklan dan Minat Beli Konsumen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 17 Jul 2012 14:09
    Last Modified: 18 Jul 2012 09:33
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3491

    Actions (login required)

    View Item