UPAYA PENINGKATAN TRAVEL SPEED PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI JALUR TIGA HW PIT CENTRAL PT. SAPTAINDRA SEJATI JOBSITE ADARO MINING OPERATION, TANJUNG, KALIMANTAN SELATAN

ANDI SUGENG , PURNOMO (2012) UPAYA PENINGKATAN TRAVEL SPEED PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI JALUR TIGA HW PIT CENTRAL PT. SAPTAINDRA SEJATI JOBSITE ADARO MINING OPERATION, TANJUNG, KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (90Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Saptaindra Sejati adalah salah satu kontraktor di area penambangan batubara milik PT. Adaro Indonesia, yang berlokasi Desa Tutupan, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk mengangkut batubara dari loading area ke dumping area PT. Saptaindra Sejati membuat jalan angkut dua jalur. Kondisi jalan angkut lapisan tanah penutup pada jalur lurus mempunyai lebar 11,34 m dan pada tikungan lebarnya 29,32 m. Sebagian jalan angkut ini belum sesuai dengan dimensi alat angkut yang digunakan yaitu Dump Truck Komatsu HD785. Selain itu sebagian jalan angkut belum terdapatsuperelevasi, crown, dan saluran penirisan jalan yang kurang terawat sehingga pada musim hujan badan jalan tergenang air yang menyebabkan jalan menjadi licin dan cepat rusak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan perbaikan geometri jalan angkut yang sesuai dengan dimensi alat angkut yang digunakan. Dari perhitungan yang mengacu pada alat angkut diperoleh lebar jalan lurus minimum adalah 11,34m dan 29,32 m pada tikungan. Superelevasi dibuat dengan meninggikan bagian sisi jalan terluar dengan bagian sisi jalan terdalam pada jalan tikungan sebesar 0,42m untuk mencegah Dump Truck terpelanting keluar jalur. Pembuatan crown/cross slope dengan cara meninggikan bagian tengah dari jalan (poros jalan) sebesar 0,39cm untuk mencegah air yang berasal dari hujan tidak menggenangi badan jalan. Kemiringan jalan angkut terbesar sebesar 7,8% masih mampu dilewati oleh DumpTruck Komatsu HD785. Konstruksi jalan angkut lapisan tanah penutup yang terdiri dari clay yang mempunyai daya dukung material berkisar 6000 lb/ft2 dan beban maksimum dari Dump Truck Komatsu HD785 bermuatan yang diterima oleh permukaan jalan adalah 16.000 lb/ft2 sepintas terdapat amblsan roda kendaraan, sehingga perlu dilakukan pemadatan jalan pada bagian subbasenya. Selain itu perlu dilakukan lapisan perkerasan dengan batupasir yang sekaligus sebagai lapisan permukaan agar jalan angkut mampu menahan beban kendaraan dengan muatan yang dibawanya. Untuk menangani adanya air limpasan yang berasal dari air hujan perlu dibuat saluran penyaliran jalan. Selain geometri dan konstruksi jalan diperlukan juga pendukung keamanan dan keselamatan kerja pada jalan, maka perlu dibuat bund wall yang berbentuk triangular di sepanjang jalan angkut yang berbatasan langsung dengan tebing, tikungan, daerah yang curam serta rambu peringatan belokan, persimpangan, tanjakan, turunan, dan lampu penerangan di daerah rawan dimaksudkan agar pengemudi dump truck lebih waspada pada saat melewati jalan tersebut. Apabila usulan perbaikan jalan angkut diatas disetujui diharapkan kegiatan pengangkutan berjalan lancar, tercapainya kenyamanan dan keselamatan kerja pada kegiatan pengangkutan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Pertambangan
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 18 Jul 2012 10:57
    Last Modified: 18 Jul 2012 10:57
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3510

    Actions (login required)

    View Item