PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTIONS AGEN ASURANSI ( Studi Pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Yogyakarta Branch Office)

HANDONO, HERI (2012) PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTIONS AGEN ASURANSI ( Studi Pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Yogyakarta Branch Office). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (147Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini berjudul Tentang Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intentions Agen Asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Yogyakarta Branch Office. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intentions.Yang kedua untuk mengetahui apakah komitmen organisasional agen asuransi berpengaruh negatif terhadap turnover intentions. Terakhir untuk menganalisis apakah kepuasan kerja dan komitmen organisasional agen asuransi secara serentak berpengaruh negatif terhadap turnover intentions. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, uji t, serta uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap intentions turnover, artinya variabel kepuasan kerja memberikan kontribusi dalam menekan terjadinya turnover intentions agen asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Yogyakarta Branch Office. Komitmen organisasional agen asuransi berpengaruh negatif terhadap turnover intentions, artinya bahwa semakin tinggi komitmen organisasional agen asuransi maka akan menurunkan intentions turnover agen asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Yogyakarta Branch Office untuk berpindah ke perusahaan lain. Kepuasan kerja dan komitmen organisasional agen asuransi secara serentak berpengaruh negatif terhadap turnover intention s, hal ini berarti bahwa kepuasan kerja agen asuransi yang tinggi dan komitmen organisasional agen asuransi yang kuat akan berpengaruh terhadap intentions turnover agen asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Yogyakarta Branch Office. Saran bagi perusahaan adalah : karena kepuasan kerja agen asuransi menentukan dalam menekan terjadinya turnover intentions agen asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Yogyakarta Branch Office, maka pihak manajemen perlu meningkatkan kepuasan kerja agen asuransi dengan cara : memberikan imbalan / kompensasi / reward kerja sesuai dengan hasil kerja atau prestasi kerja agen. Kesempatan promosi agen ke jenjang yang lebih tinggi disesuai dengan prestasi kerja yang dicapai agen. Memberikan reward kepada agen asuransi berprestasi dan keluarganya.Pemberian dukungan yang dilakukan oleh penyelia atau supervisi agen asuransi dalam bentuk bimbingan / bantuan teknik di lapangan maupun dukungan perilaku. Komitmen organisasional agen asuransi perlu ditingkatkan untuk menekan terjadinya turnover intentions agen asuransi dengan cara : membuka wadah khusus bagi agen asuransi untuk berinteraksi antar sesama agen asuransi sehingga mampu menjembatani level top manajemen dengan agen asuransi agar terbina suatu hubungan yang kuat antara pimpinan dengan agen asuransi. Sosialisasi tentang profil perusahaan dan peraturannya, baik peraturan langsung dari pemerintah maupun peraturan dalam perusahaan, tentang hak dan kewajiban agen. Memberikan reward kepada agen asuransi berprestasi dan keluarganya, melibatkan agen dalam setiap kegiatan perusahaan, baik kegiatan di dalam maupun di luar perusahaan asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Yogyakarta Branch Office. Kata kunci : kepuasan kerja, komitmen organisasional, turnover intentions

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 18 Jul 2012 11:55
    Last Modified: 18 Jul 2012 11:55
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3517

    Actions (login required)

    View Item