Computer Mediated Communication Situs Jejaring Sosial dan Identitas Diri Remaja

Agus Suparno, Basuki and Arief Sosiawan, Edwi and Tripambudi, Sigit (2012) Computer Mediated Communication Situs Jejaring Sosial dan Identitas Diri Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, 10 (1). pp. 85-102. ISSN 1693-3029

[img]
Preview
PDF (Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi) - Published Version
Download (1453Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract Each of us has self and identity that differentiate one and another. There is no self or identity properly that can develop without interactions. Experiences, references, and knowledge can be obtained through interactions. However, this research is intended to find out the growth technology existence especially internet and self and identity of students of Senior High School at Caturtunggal, Sleman Yogyakarta. Data gathered method by Focus Group Discussion. Therefore, interpersonal communication plays important role to form the self and identity especially social identity because of interactions caught the communication. The crucial position will be more interesting while technology of communication and information called CMC (Computer- Mediated Communication) influence the ways we communicate and interact. As we know that technology existence define the ways we comunicate. Technology can enlarge and increase the the capacities and capabilities of societal awareness that in turn influence the form of self and social identity. This is to find out how students of Senior High School develop their own self and identity while they use the internet espcially social network sites. The results showed us that students use the CMC to express his feeling, narcistis, and pleasure. Abstrak Setiap manusia memiliki konsep diri dan identitas yang membedakan dengan manusia lainnya. Keduanya hanya dapat dikembangkan melalui interkasi; sebab melalui interaksilah semua bentuk pengalaman, rujukan, dan pengetahuan dapat diperoleh. Penelitian ini bertujuan menemukan peran kehadiran teknologi, khususnya internet, dalam membentuk konsep diri dan identitas siswa SMU di Catur Tunggal Depok Sleman. Metode penelitian berupa Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian ini yaitu siswa SMU mengembangkan konsep diri dan identitas ketika mereka menggunakan internet, terutama situs-situs jejaring sosial. Komunikasi interpersonal memainkan peran penting dalam membentuk konsep diri dan identitas, khususnya pada identitas sosial, sebab setiap interaksi pasti melalui proses komunikasi. Permasalahannya menjadi lebih menarik ketika teknologi komunikasi dan informasi mempengaruhi cara berkomunikasi dan berinteraksi. Seperti telah diketahui bahwa kehadiran teknologi telah menentukan cara berkomunikasi. Teknologi dapat memperluas dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kesadaran sosial yang akan mempengaruhi bentuk konsep diri dan identitas identitas sosial. Siswa-siswa SMU menggunakan CMC untuk mengekspresikan perasaan, emosi dan hiburan.

    Item Type: Article
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: lestari puji
    Date Deposited: 30 Jul 2012 15:01
    Last Modified: 30 Jul 2012 15:01
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3661

    Actions (login required)

    View Item