PERAN DIMAS DAN DIAJENG SEBAGAI SPOKESPERSON DALAM MEMPROMOSIKAN KEPARIWISATAAN KABUPATEN SLEMAN

PERTIWI, NOVIATI DIAN (2012) PERAN DIMAS DAN DIAJENG SEBAGAI SPOKESPERSON DALAM MEMPROMOSIKAN KEPARIWISATAAN KABUPATEN SLEMAN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (6Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Skripsi yang dilatarbelakangi keputusan pemerintah terhadap peran Dimas dan Diajeng sebagai spokesperson dari Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dalam bidang pariwisata yang mempunyai tugas turut serta membantu mempromosikan dan meningkatkan potensi kepariwisataan Kabupaten Sleman. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran Dimas dan Diajeng sebagai spokesperson dalam mempromosikan potensi kepariwisataan Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan dan menjelaskan peran dan strategi promosi dari Dimas dan Diajeng. Penelitian ini dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dan studi pustaka. Kemudian data diuji validitasnya menggunakan triangulasi dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dimas dan Diajeng dalam perannya sebagai spokesperson dalam mempromosikan kepariwisataan Sleman memiliki peran yaitu melobi event, mem-branding, sebagai persuator dan narasumber. Kegiatan untuk mencapai tujuan promosi tersebut, seperti travel dialogue, pameran wisata, kunjungan pemilihan duta wisata daerah lain, melakukan bakti sosial, kampanye sosial, menjadi liason officer dan membantu program pemerintah dalam bidang pariwisata seperti Java Summer Camp yang rutin diadakan setiap setahun sekali. Dimas dan Diajeng Sleman berperan serta dalam mempromosikan potensi kepariwisataan Kabupaten Sleman pada khususnya. Peran Dimas dan Diajeng tidak bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan industri pariwisata di Kabupaten Sleman. Namun Dimas dan Diajeng turut serta dalam meningkatkan bidang pariwisata Kabupaten Sleman dengan melakukan berbagai strategi promosi.

    Item Type: Thesis (Undergraduate)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Basir Umaryadi
    Date Deposited: 10 Aug 2012 14:40
    Last Modified: 10 Aug 2012 14:40
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3689

    Actions (login required)

    View Item