PENGARUH TERPAAN PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM “ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI” TERHADAP PENGUATAN MEREK di KALANGAN REMAJA (Studi Eksperimental)

ERNA , SORAYA (2012) PENGARUH TERPAAN PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM “ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI” TERHADAP PENGUATAN MEREK di KALANGAN REMAJA (Studi Eksperimental). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (92Kb) | Preview

    Abstract

    Product placement adalah sebuah aktivitas komunikasi pemasaran dengan mempromosikan sebuah merek melalui film, program-program TV, dan berbagai media entertainment lainnya. Dalam hal ini, penelitian dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh terpaan product placement yang terdapat dalam film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” terhadap penguatan merek di kalangan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang tergolong Preexperimental Design dengan jenis penelitian One-shot case study design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive atau judgemental sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi yang berkuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta khususnya pada program studi Ilmu Komunikasi, sebanyak 30 orang. Variabel bebasnya adalah intensitas menonton terpaan product placement yang terdapat dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini dan variabel terikatnya yaitu penguatan merek produk Yamaha, Fatigon Hydro, Promag, Sosis So Nice dan Bank Muamalat. Data diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara intensitas menonton terpaan product placement yang terdapat dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini terhadap penguatan merek terhadap produk Yamaha, Sossis So Nice, Fatigon Hydro, Promag dan Bank Muamalat, dibuktikan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,148>2,024) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 5% (0,004<0,05). Nilai positif pada koefisien regresi menunjukkan semakin meningkat intensitas menonton terpaan product placement yang terdapat dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini maka semakin meningkat pula penguatan merek terhadap produk Yamaha, Sossis So Nice, Fatigon Hydro, Promag dan Bank Muamalat. Besar sumbangan ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,261 yang artinya intensitas tayangan product placement mempengaruhi penguatan merek terhadap produk sebesar 26,1%, sisanya 73,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Product placement, Penelitian Eksperimental, Penguatan Merek, purposive sampel.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    800 Sastra
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 17 Sep 2012 13:19
    Last Modified: 17 Sep 2012 13:19
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3785

    Actions (login required)

    View Item