“STRATEGI KOMUNIKASI MEMBANGUN RUMAH PINTAR DESA SEJAHTERA “HARGOTIRTO” KECAMATAN KOKAP BERBASIS DESA WISATA PENDIDIKAN”

ARUM PUSPITA, SARI (2012) “STRATEGI KOMUNIKASI MEMBANGUN RUMAH PINTAR DESA SEJAHTERA “HARGOTIRTO” KECAMATAN KOKAP BERBASIS DESA WISATA PENDIDIKAN”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (148Kb) | Preview

    Abstract

    Rumah Pintar “Hargotirto” merupakan salah satu inovasi baru dalam dunia wisata berbasis pendidikan. Objek wisata ini terletak di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Inovasi baru yang ada di Desa Hargotirto menyediakan lima pilar yang menjadi icon Rumah Pintar “Hargotirto”. Merubah pola pikir masyarakat yang dulunya statis memang tidak mudah, untuk itu dibutuhkan strategi komunikasi untuk melakukan perubahan agar berkembang lebih maju. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang dibuat adalah “Bagaimana Strategi Komunikasi Rumah Pintar Desa Sejahtera “Hargotirto” dalam Membangun Desa Wisata Pendidikan kepada Masyarakat Yogyakarta?”. Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi strategi komunikasi, peran Rumah Pintar “Hargotirto” sebagai wisata pendidikan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Perkembangan Rumah Pintar “Hargotirto” nantinya diharapkan mampu memberikan income bagi masyarakat / pengelola desa serta menjadi desa percontohan bagi desa-desa sekitar. Dalam membangun Rumah Pintar “Hargootirto” peneliti menggunakan Teori Difusi Inovasi sebagai pemahaman mengenai sebuah pesan yang disampaikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Rumah Pintar Desa Sejahtera “Hargotirto” melalui pendekatan media dan pendekatan interpersonal. Pendekatan media dilakukan melalui internet dan media cetak. Untuk pendekatan interpersonal dilakukan oleh pihak LPPM UGM, Pengelola desa, word of mouth dan perpustakaan daerah Kulon Progo. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran media sangat membantu dalam memperkenalkan objek wisata kepada khalayak luas khususnya Yogyakarta. Peranan pengelola Rumah Pintar “Hargotirto” dalam memperkenalkan wisata pendidikan belum sepenuhnya berjalan dengan pesat, namun respon dari masyarakat sangat membantu dalam perkembangan memperkenalkan Rumah Pintar “Hargotirto” sebagai desa percontohan yang mandiri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 17 Sep 2012 13:43
    Last Modified: 17 Sep 2012 13:43
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3790

    Actions (login required)

    View Item