Student Centered Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian Komunikasi

Afifi, Subhan and Tripambudi, Sigit (2007) Student Centered Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian Komunikasi. Jurnal Pembelajaran, 1 (1). pp. 1-24. ISSN 1978-8436

[img]
Preview
Image (JPEG)
Download (438Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    Image (JPEG)
    Download (928Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      Image (JPEG)
      Download (954Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        Image (JPEG)
        Download (893Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          Image (JPEG)
          Download (691Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            Image (JPEG)
            Download (961Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              Image (JPEG)
              Download (922Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                Image (JPEG)
                Download (831Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  Image (JPEG)
                  Download (835Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    Image (JPEG)
                    Download (842Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      Image (JPEG)
                      Download (861Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        Image (JPEG)
                        Download (924Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          Image (JPEG)
                          Download (281Kb) | Preview
                            [img]
                            Preview
                            Image (JPEG)
                            Download (1186Kb) | Preview

                              Abstract

                              Artikel ini mendiskripsikan penerapan Metode Student Centered Learning pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Setelah diterapkan selama 1 semester, metode ini memberikan hasil pembelajaran yang memuaskan.Dari sisi nilai akhir jumlah mahasiswa yang meraih nilai A dan B sangat besar (45,39 % dan 40,78 %). Jumlah mahasiswa yang meraih C dan D sangat kecil (4,96 % dan 8,87 %). Kualitas proposal penelitian mahasiswa juga meningkat dari segi topik penelitian yang relatif baru dan menarik. Penerapan metode ini dapat meningkatkan pencapaian kompetensi mahasiswa dan memberikan dampak yang positif terhadap mahasiswa berupa peningkatan beberapa aspek dalam pembelajaran seperti motivasi dalam belajar, keaktifan, kepercayaan diri, penguasaan materi, dan keterampilan.

                              Item Type: Article
                              Subjects: 300 Ilmu Sosial
                              Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
                              Depositing User: Prayudi Prayudi
                              Date Deposited: 26 Sep 2012 11:21
                              Last Modified: 13 Jan 2013 13:03
                              URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3803

                              Actions (login required)

                              View Item