Afifi, Subhan and Tripambudi, Sigit (2007) Student Centered Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian Komunikasi. Jurnal Pembelajaran, 1 (1). pp. 1-24. ISSN 1978-8436
Abstract
Artikel ini mendiskripsikan penerapan Metode Student Centered Learning pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Setelah diterapkan selama 1 semester, metode ini memberikan hasil pembelajaran yang memuaskan.Dari sisi nilai akhir jumlah mahasiswa yang meraih nilai A dan B sangat besar (45,39 % dan 40,78 %). Jumlah mahasiswa yang meraih C dan D sangat kecil (4,96 % dan 8,87 %). Kualitas proposal penelitian mahasiswa juga meningkat dari segi topik penelitian yang relatif baru dan menarik. Penerapan metode ini dapat meningkatkan pencapaian kompetensi mahasiswa dan memberikan dampak yang positif terhadap mahasiswa berupa peningkatan beberapa aspek dalam pembelajaran seperti motivasi dalam belajar, keaktifan, kepercayaan diri, penguasaan materi, dan keterampilan.
Actions (login required)