STRATEGI KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN OFFICIAL MERCHANDISE GRUP MUSIK “ENDANK SOEKAMTI” (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Official Merchandise Grup Musik “Endank Soekamti” Dalam Membangun Hubungan Dengan Penggemar Dan Menjaga Eksistensi Di Belantika Musik Indonesia)

ROBBY , VERDIAN (2012) STRATEGI KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN OFFICIAL MERCHANDISE GRUP MUSIK “ENDANK SOEKAMTI” (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Official Merchandise Grup Musik “Endank Soekamti” Dalam Membangun Hubungan Dengan Penggemar Dan Menjaga Eksistensi Di Belantika Musik Indonesia). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (993Kb) | Preview

    Abstract

    Inovasi kreatif dan interaksi dengan penggemar sangat dibutuhkan grup musik agar dapat terus eksis di industri musik. Penulis memilih judul penelitian ini karena saat ini pendapatan dari grup musik tidak hanya melalui jadwal tampil, cd album, dan RBT mereka saja, kini mereka bisa mendapatkan pemasukan terbesar melalui penjualan Official Merchandise, pemasukan dari Official Merchandise tersebut dapat menghidupi grup musik untuk berkarya dan tetap eksis di belantika musik Indonesia dengan pembuatan album, video klip, rekaman, membeli alat-alat musik terbaru yang lebih canggih dan menggaji crew. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menganalisis bagaimana strategi kreatif komunikasi pemasaran Official Merchandise yang digunakan grup musik “Endank Soekamti” dan faktor kedekatan emosional antara penggemar dengan personil serta faktor pendukung dan hambatannya. Penulis meneliti strategi kreatif komunikasi pemasaran Official Merchandise grup musik “Endank Soekamti” menggunakan penelitian kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Objek yang diteliti adalah data-data mengenai strategi kreatif yang digunakan grup musik “Endank Soekamti” terhadap penjualan Official Merchandisenya. Tempat yang menjadi objek penelitian berlokasi di Jl. Kaliurang km 5 No. 14 Gg. Grompol Sleman Yogyakarta. Hasil penelitiannya adalah strategi kreatif dari grup musik "Endank Soekamti” dengan menggunakan branding pada mobil yang digunakan Official Merchandise demi kemudahan akses dan pembelian bagi “Kamtis Family” terbilang sangat kreatif. Ditambah lagi dengan adanya gathering dan sayembara dari “Endank Soekamti” yang selalu melibatkan penggemarnya yang membangun faktor kedekatan emosional antara penggemar dan grup musik “Endank Soekamti”. Strategi kreatif komunikasi pemasaran yang digunakan oleh grup musik “Endank Soekamti” yaitu advertising, personal selling, sales promotion, publicity and public relations dan direct marketing serta di bantu oleh promosi dan sharing pada media online yang sangat aktif. Strategi komunikasi yang dijalankan dimaksudkan untuk mengkomunikasikan apa yang dikembangkan melalui bauran pemasaran atau Marketing mix yang dapat saling melengkapi keberadaannya. Marketing mix mencangkup tentang teori yang diungkap Kotler yaitu 4P, yaitu product, price, place dan promotion. Ke empat elemen tersebut saling berkaitan dan terdapat didalam komunikasi pemasaran yang digunakan oleh grup musik “Endank Soekamti”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 09 Oct 2012 11:44
    Last Modified: 09 Oct 2012 11:44
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/3915

    Actions (login required)

    View Item