PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFFEK INDONESIA PERIODE 2007 – 2010

PONIJAH, PONIJAH (2012) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFFEK INDONESIA PERIODE 2007 – 2010. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (24Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakaa study empiris terhadap praktik pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Effek Indonesia. Penelitian ini bertujuan membutikan pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan studi ex post facto. Populasi penelitian yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Effek Indonesia periode 2007 – 2010. Teknik pemilihan sampel dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan dengan nilai t dan nilai signifikasi yang lebih kecil. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan nilai t dan nilai signifikan yang lebih kecil . Ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan nilai t dan nilai signifikan yang lebih kecil. Leverage dengan nilai t dan nilai signifikan yang lebih besar berarti variabel ini tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Secara simultan menunjukkan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage berpengaruh dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang ditunjukkan oleh nilai F dan nilai signifikan yang lebih kecil. Hasil analisis regresi menghasilkan Adjusted R2, hal ini berarti pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan leverage sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa semakin tinggi ukuran perusahaan, profitabilitas,dan ukuran dewan komisari, maka pengungkapan tangung jawab sosial juga akan meningkat. Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris , dan leverage.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 19 Oct 2012 13:27
    Last Modified: 19 Oct 2012 13:27
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/4140

    Actions (login required)

    View Item