Meyliana, Meyliana (2011) ANALISA STRATEGI E-MARKETING DAN IMPLEMENTASINYA (STUDI KASUS : PERUSAHAAN RETAIL GARMENT). Telematika (15). ISSN 1979-2328
![]()
| PDF (Tugas Kusus) - Draft Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (561Kb) | Preview |
Abstract
Pelanggan merupakan kunci utama bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Perusahaan harus dapat mengelola pelanggan lama dan menarik pelanggan baru, dimana dalam ilmu manajemen dikenal dengan istilah kegiatan pemasaran/marketing. Pemasaran merupakan salah satu komponen dalam ilmu Manajemen Hubungan Pelanggan (yang lebih dikenal dengan istilah CRM/Customer Relationship Management). Marketing saat ini telah menjadi tren untuk melakukan promosi, meningkatkan jumlah pelanggan baru untuk memperluas pasar, dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama untuk meningkatkan volume penjualan perusahaan. Dengan bantuan teknologi informasi yang sesuai, kegiatan marketing dapat diubah menjadi kegiatan yang sangat menguntungkan perusahaan karena dengan teknologi informasi, hambatan tempat dan waktu dapat diminimalisasi. Kegiatan marketing dengan bantuan teknologi informasi sering disebut dengan istilah e- Marketing. Selain itu, e-Marketing dilakukan untuk meningkatkan brand image perusahaan karena membuat perusahaan selalu diingat oleh pelanggannya (top of mind). Analisis strategi ini bertujuan menghasilkan sistem yang dapat membantu perusahaan dalam melayani pelanggan dengan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi melalui fasilitas yang ada sehingga dapat menarik dan mempertahankan pelanggan untuk tetap menggunakan produk perusahaan. Setelah dianalisa, strategi e-Marketing ini akan diimplementasikan pada perusahaan yang memiliki jenis usaha retai garmentl. Strategi e-Marketing yang digunakan adalah tujuh (7) tahap strategi dari Judy Strauss yang meliputi analisis situasi, rencana strategis e-marketing, tujuan, strategi e-marketing, rencana implementasi, anggaran biaya dan rencana evaluasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Kontributor Telematika 1 |
Date Deposited: | 01 Jul 2011 15:20 |
Last Modified: | 01 Jul 2011 15:20 |
URI: | http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/430 |
Actions (login required)
View Item |