STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SEMBUNGAN DENGAN ANALISIS SWOT (Studi pada Desa Sembungan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo)

PUTRI, HIDAYATI (2012) STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SEMBUNGAN DENGAN ANALISIS SWOT (Studi pada Desa Sembungan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo). Other thesis, UPN "Veteran" Yogakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (75Kb) | Preview

    Abstract

    Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan potensi pariwisata di Desa Sembungan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat unutk memasarkan pariwisata yang ada di Desa Sembungan Dieng Wonosobo dari hasil analisis SWOT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara Focus Group Discussion (FGD) dan memberikan kuesioner kepada kelompok sadar wisata. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik judgment sampling yaitu salah satu jenis purposive sampling selain quota sampling dimana peneliti memilih sampel berdasarkan penilaian terhadap karakteristik anggota sampel yang disesuaikan dengan maksud penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Analisis SWOT didasarkan pada logika yang memaksimalkan kekuatan dan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman sehingga dapat diketahui alternatif strategi yang tepat. Berdasar hasil perhitungan Internal Strategy Factor Analysis Summary (IFAS) dan Eksternal Strategy Factor Analysis Summary (EFAS) koordinat posisi bisnis Desa Sembungan terletak pada titik 2,93 untuk faktor internal dan 2,67 untuk faktor eksternal sehingga dapat ditentukan posisi bisnis Desa Sembungan berada pada sel 1 yang merupakan sel agresif. Hal ini berarti Desa Sembungan memiliki kekuatan dari lingkungan internal dan terdapat peluang dari lingkungan eksternal sehingga alternatif strategi yang tepat untuk Desa Sembungan adalah strategi SO (strength – opportunity) yaitu dengan meraih peluang dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 14 Nov 2012 11:25
    Last Modified: 14 Nov 2012 11:25
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/4551

    Actions (login required)

    View Item