Siswanti, Siswanti and Supranto, Supranto and Setyoningrum, Tutik Muji (2012) Pembelajaran Inovatif dalam Mata Kuliah Kalkulus 2. -.
![]() | Rich Text (RTF) Download (23Kb) | |
![]()
| Image (JPEG) Download (361Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (358Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (358Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (356Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (355Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (338Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (354Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (359Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (359Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (365Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (355Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (403Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (262Kb) | Preview | |
![]()
| Image (JPEG) Download (168Kb) | Preview |
Abstract
Abstrak Di Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UPN ”Veteran” Yogyakarta, Kalkulus 2 merupakan matakuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa, hal ini dilihat dari tingkat kelulusan mahasiswa yang rendah. Karena itu perlu dicari model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam matakuliah ini, dalam semester Genap Tahun ajaran 2005/206, matakuliah Kalkulus 2, menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student centered Learning atau SCL). Dalam pelaksanaan kuliah yang menggunakan metode SCL ini, mahasiswa dibagi secara acak menjadi kelompok kecil yaitu masing-masing terdiri dari 20, 18, dan 16 mahasiswa, masing-masing kelompok kecil ini dibimbing oleh satu orang dosen. Dalam pemberian materi kuliah menggunakan metode SCL. Kuliah dilakukan sebanyak 14 kali, satu kali ujian tengah semester dan satu kali ujian akhir semester.. Dari pelaksanaan kegiatan ini didapatkan nilai akhir mahasiswa adalah nilai A sebanyak 18,52 %; B = 5,56 %; C = 42,59 %; D = 31,48 % dan nilai E sebanyak 1,85 %. Jadi kelulusan mahasiswa mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan nilai kalkulus 2 TA. 2004/2005. Hal ini menunjukkan bahwa metose SCL mempunyai dampak positif terhadap perolehan nilai kalkulus 2, pemahaman materi kuliah serta prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 500 Sains dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Kimia |
Depositing User: | Sri Lestari |
Date Deposited: | 30 Nov 2012 14:57 |
Last Modified: | 13 Jan 2013 12:13 |
URI: | http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/4758 |
Actions (login required)
View Item |