PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF DAN KEADILAN PROSEDURAL TERHADAP KOMITMEN PADA TUJUAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJER (Sumei Pada Perum Pegadnian Kanwil Bandung, Semarang Dan Sarabaya)

Pamungkas, Noto (2010) PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF DAN KEADILAN PROSEDURAL TERHADAP KOMITMEN PADA TUJUAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJER (Sumei Pada Perum Pegadnian Kanwil Bandung, Semarang Dan Sarabaya). PhD thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (767Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan penganggaran partisipatif, keadilan prosedural, komituen ryd1 Ci, 1 Tgggan dan kinerja manajer; (Z) menguji pengaruh penganggaran partisipatif dan keadilan produral baik secqra simultan rnauprm prsial terhadap komitnen pada tr{uan anggaran; (3) menguji pengaruh penganggaran partisipatif dan keadilan prosedural serta komitmen pada tujuan anggaran baik secara simultan rnaupuo Frsial tshadap kinerja manajer. Metode penelitian yang diguoakan adalah metode swrrei. Sunrei dilahtkan pada Penrm Pegadaian Kantor lVilayah Bandrmg Kantor Wilayah Semarang; dan Kantor Wilayah surabaya, dengan Manajer Kantor Cabang sebagai responden. Data yang digwakan adalah dara primer dengan pengnnpulan data melalui hresioner. Metode analisis yang diguakan dalam peneltian hi adalah analisis deslcriptif-veri{$atif Dalafr mendeslripsikan masing-masjng variabel penelitian, analisis des*ript'rf yang digunakan adalah'distibusi ft,ekuensi,'analisis skor dengan pernbagaian median Model penganrtr dianalisis msnggunakan model persanram stuktual, tmtuk menganalisis pola hubrmgan kausal antar variabel dengan tujuan mtuk mengetahui pengaruh langsung; tidak langsung mauprm total dari beberape variabel penyebab. Hasil penelitian menrmjukkan bahwa: (1) pcn3rapan Fnganggaran partisipdif dsn keadilan pro.sedural pada Perum Pegadaian Kantor Wilayah DanCrmg Semarang dan Surabaya adalah tingg; (2) pelrganggararl pa*isip*if dan keadilan prosedurat berpengaruh positif terhadap komitnen pada tujilan anggaftn baik secara simultan maupun parsial. Ini berarti meningkahya komitmen pada tgjuan egguan dryat diielaskan oleh penganggaran partisipatif dan keadilm prosedural; (3) pengangg;aran partisipatif dan keadilan prosedural sera komitnen pada tujuan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manqier baik rycara iirnuttan maqpun parsial. Ini berarti meaingkatuya kinerja nanaiet W dijelaslrro ot* penganegaran partisipatif dan keadilan prcsdural serta komiben pada tujuan anggarao" Kata Kunci: Penganggaran partisipatif; Keadilan prosedurat; Komimen pada tujuan anggtran, dan Kinerja manajer.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Muji Isambina
    Date Deposited: 16 Jun 2011 11:30
    Last Modified: 16 Jun 2011 11:30
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/515

    Actions (login required)

    View Item