Pengaruh Kecepatan Shaker dan Konsentrasi Katalis terhadap Konsentrasi Glukosa yang Dihasilkan pada pada Pembuatan Etanol dari Sorghum (Sorghum Bi Color) Melalui Reaksi Simultan Sakarifikasi ( Enzim Glukoamilase) dan Fermentasi Yeast (Saccharomyces Cerevisiae)

ER, Dyartanti and R, Ariyanto R and NT, Wijayanto Pengaruh Kecepatan Shaker dan Konsentrasi Katalis terhadap Konsentrasi Glukosa yang Dihasilkan pada pada Pembuatan Etanol dari Sorghum (Sorghum Bi Color) Melalui Reaksi Simultan Sakarifikasi ( Enzim Glukoamilase) dan Fermentasi Yeast (Saccharomyces Cerevisiae). Pengaruh Kecepatan Shaker dan Konsentrasi Katalis terhadap Konsentrasi Glukosa yang Dihasilkan pada pada Pembuatan Etanol dari Sorghum (Sorghum Bi Color) Melalui Reaksi Simultan Sakarifikasi ( Enzim Glukoamilase) dan Fermentasi Yeast (Saccharomyces Cerevi. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (208Kb) | Preview

    Abstract

    Pembuatan etanol dengan proses sakarifikasi dan fermentasi secara simultan dari tepung sorgum (Sorghum bicolor L. Moencl) dengan menggunakan enzim glukoamilase dan Saccharomyces cerevisiae. Reaksi sakarifikasi dan fermentasi simultan adalah reaksi pembentukan glukosa dan etanol terjadi bersamasama dalam satu tempat. Waktu untuk sakarifikasi dan fermentasi simultan adalah 72 jam pada suhu 35 oC dengan menambahkan dry yeast (Saccharomyces cerevisiae) dan enzim glukoamilase dengan kecepatan shaker tertentu, setelah dilakukan liquifikasi selama 1,5 jam pada suhu 95oC dengan menambahkan 2 ml enzim alpha-amilase. Dari penelitian ini diperoleh bahwa hubungan antara kadar glukosa yang terbentuk dengan waktu. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk SSF, semakin rendah kadar glukosa yang dihasilkan karena glukosa yang terbentuk telah diubah menjadi etanol. Selain itu juga dapat dilihat bahwa semakin besar kecepatan shaker, semakin kecil laju pembentukan glukosa. Semakin besar konsentrasi yeast yang digunakan, semakin kecil pula laju pembentukan glukosa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa kecepatan shaker yang paling bagus adalah skala 9, dan konsentrasi yeast yang ditambahkan adalah 8 gram. Kata kunci : Etanol, Sorgum, SSF

    Item Type: Article
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Kimia
    Depositing User: Wikan Pinandhito
    Date Deposited: 13 Jul 2011 10:50
    Last Modified: 13 Jul 2011 10:50
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/578

    Actions (login required)

    View Item