Aplikasi Metoda Flotasi Buih Untuk Pencucian Batubara Peringkat Rendah (The Application of Froth Flotation Method For Low Rank Coal Washing)

Sundari, Rita and Subandrio, Subandrio and Gaos, Hadi and Yanker, Adi Aplikasi Metoda Flotasi Buih Untuk Pencucian Batubara Peringkat Rendah (The Application of Froth Flotation Method For Low Rank Coal Washing). Aplikasi Metoda Flotasi Buih Untuk Pencucian Batubara Peringkat Rendah (The Application of Froth Flotation Method For Low Rank Coal Washing). (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (126Kb) | Preview

    Abstract

    Metoda flotasi buih banyak dimanfaatkan untuk pencucian bijih bijih mineral pada tahapan awal. Metoda ini telah dikembangkan untuk pencucian dan pembersihan batubara dari pengotornya dalam rangka pengembangan sumber energi batubara. Indonesia adalah negara yang berpotensi memiliki cadangan batubara berperingkat rendah terutamanya di Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur. Kajian awal ini meneliti pengaruh faktor faktor ukuran partikel batubara, persen padatan dan waktu pengkondisian terhadap perubahan kadar abu dan kadar sulfur batubara sebelum dan sesudah proses flotasi. Flotasi buih terutamanya berhubungan dengan sifat hidrophobik partikel batubara, diameter patikel dan gelembung, tegangan permukaan tiga fasa (udara, larutan flotasi, partikel batubara) dan gaya apung yang bekerja. Dalam kajian ini juga dipelajari pengaruh kolektor, ’frother’ dan jenis ’modifier’ terhadap sifat hidrophobik partikel batubara yang akan mengapung sebagai konsentrat batubara yang dikehendaki. Kata kunci: aerasi udara, analisa ultimat dan proksimat, desain sel flotasi, kecepatan aliran.

    Item Type: Article
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Kimia
    Depositing User: Wikan Pinandhito
    Date Deposited: 15 Jul 2011 08:21
    Last Modified: 15 Jul 2011 08:21
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/592

    Actions (login required)

    View Item