PENGEMBANGAN PIRANTI MEDIS PEREKAM LAJU ALIRAN URIN DENGAN GRAFIK KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU DIAGNOSIS GEJALA BENIGN PROSTATIC HYPERPLASIA (BPH)

Nur Isnianto, Hidayat (2011) PENGEMBANGAN PIRANTI MEDIS PEREKAM LAJU ALIRAN URIN DENGAN GRAFIK KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU DIAGNOSIS GEJALA BENIGN PROSTATIC HYPERPLASIA (BPH). Seminar Nasional Informatika 2011. ISSN ISSN: 1979-2328

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PIRANTI MEDIS PEREKAM LAJU ALIRAN URIN DENGAN GRAFIK KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU DIAGNOSIS GEJALA BENIGN PROSTATIC HYPERPLASIA (BPH) )
Download (3563Kb) | Preview

    Abstract

    Penderita Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat yang tergolong jinak kadangkala tidak merasakan gejala apapun, tetapi jika pembesaran ini terus berkembang akhirnya akan mendesak uretra/saluran kencing luar yang mengakibatkan rasa tidak nyaman. Seseorang berumur lebih dari 50 tahun, kemungkinan akan mengalami pembesaran prostat adalah 50%, kemungkinan itu meningkat menjadi 90% ketika berusia 80- 85 tahun, sehingga perlu upaya untuk mengembangkan peralatan deteksi dini yang murah yang dapat membantu dokter untuk diagnosis gejala ini.Pada penelitian ini dibuat alat untuk merekam laju aliran urin selama berkemih yang dilewatkan kincir sehingga berputar. Kecepatan putaran kincir akan dipengaruhi oleh banyaknya pancaran urin saat berkemih. Data putaran kincir tersebut dikirim ke komputer untuk diolah dan ditampilkan dalam bentuk grafis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat yang dibuat mampu menampilkan grafik aliran urin, laju urin perdetik, rata – rata laju urin, jumlah keseluruhan urin, maksimal laju urin, dan lamanya berkemih sehingga diagnosis gejala BPH dapat dilakukan.

    Item Type: Article
    Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum
    Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
    Depositing User: Benny Hutagaol
    Date Deposited: 11 Jul 2011 09:29
    Last Modified: 02 Aug 2011 09:03
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/624

    Actions (login required)

    View Item