ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BERBAH

RIEF , SETIAWAN (2012) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BERBAH. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (14Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menganalisis Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Berbah. Penelitian ini menggunakan variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kompensasi untuk menganilisis pengaruh kinerja Guru tersebut. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan komitmen organisasional sebagai variabel intervening untuk menganaisis pengaruh tingkat komitmen guru terhadap Kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Berbah. Jumlah guru berdasarkan data dari UPT Yandik (Unit Pelayanan Terpadu Yayasan Pendidikan) Kecamatan Berbah Oktober 2012 adalah 242 orang. Teknik Sampling dengan Cluster Random Sampling dengan sampel guru yang bersertifikasi 46 orang dan yang belum bersertifikasi 25 orang sesuai rumus Slovin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya. Dalam hal ini data primer berupa hasil pengisian kuesioner oleh Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Berbah. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan metode inferensial. Metode deskriptif merupakan analisis yang menggambarkan tentang penilaian guru terhadap kepemimpinan transformasional, kompensasi yang diberikan, komitmen organisasi dan kinerja guru. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan Path Analysis dan Independen Sample T Test dengan Program SPSS 17.0. Analisis Inferensial digunakan untuk membuktikan hipotesis tentang pengaruh kepemimpinan transformasional dan kompensasi secara langsung terhadap kinerja guru serta pengaruh tidak langsung melalui komitmen organisasi, serta menguji perbedaan kinerja antara Guru yang bersertifikasi dengan yang belum bersertifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru, kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Berbah, gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Berbah melalui komitmen organisasi, kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Berbah melalui komitmen organisasi. Selanjutnya, hasil penelitian menemukan adanya perbedaan yang signifikan dari kinerja guru, antara guru yang bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi. Kata kunci : Kinerja, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi, Komitmen Organisasional

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 17 Jul 2013 11:02
    Last Modified: 17 Jul 2013 11:02
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/6601

    Actions (login required)

    View Item