STRATEGI OPTIMALISASI PERAN FRONT OFFICE DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DENGAN PELANGGAN (Studi Deskriptif pada Strategi Optimalisasi Peran Front Office Hotel Inna Garuda Yogyakarta dalam Fungsi public Relations )

Khristiningrum, Shinta (2013) STRATEGI OPTIMALISASI PERAN FRONT OFFICE DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DENGAN PELANGGAN (Studi Deskriptif pada Strategi Optimalisasi Peran Front Office Hotel Inna Garuda Yogyakarta dalam Fungsi public Relations ). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] PDF
Download (21Kb)
    [img] PDF
    Download (23Kb)

      Abstract

      ABSTRACT Optimizer of Front Office division is very important. The writer choose Inna Garuda Yogyakarta Hotel as reserach location because this hotel is one of four star hotel which standing right in the heart of Yogyakarta which full of historical story. Therefore, writer interested to know how the optimizer strategy of front office in public relations functions. Writer used descriptive methode in this research. The results were analyzed by the thinking of public relations concept and related with interpersonal communication concept. All the data were confirmed with all the related sides through triangulation technique. Based on the research, writer get that in this hotel the front office division has running their role very well. Front office has the duty to serve, promote, calculate, and also builfing image of the hotel, because this division is the center of information for the customer. So that, they can help the marketing division about the target in every activity to increase people’s knowledge about the hotel. ABSTRAK Optimalisasi peran Divisi Front Office juga sangat penting. Penulis memilih Hotel Inna Garuda sebagai perusahaan yang diteliti karena Hotel Inna Garuda merupakan salah satu hotel berbintang empat yang berdiri tepat di tengah jantung kota Yogyakarta yang penuh dengan sejarah tempo dulu. Sehingga, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi optimalisasi peran front office dalam fungsi public relations.Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai konsep Public Relations dan dihubungkan dengan Konsep Komunikasi Interpersonal untuk strategi optimalisasi peran front office dalam fungsi public relations. Semua data tersebut sebelumnya dikonfirmasikan dengan pihak-pihak yang berhubungan dalam penelitian ini melalui teknik validitas data triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis mendapatkan hasil dilihat bahwa Di hotel Inna Garuda Yogyakarta, kegiatan divisi Front Office sudah melakukan perannya dengan sangat baik. Posisi Front Office bertugas untuk melayani, mempromosikan, memperhitungkan, serta mempertahankan citra Hotel Inna Garuda Yogyakarta mengingat bahwa divisi ini merupakan pusat bagian segala informasi pengunjung, sehingga dapat merangkap bagian divisi lainnya serta juga dibantu dengan divisi Marketing yang selalu menentukan target dalam setiap aktifitasnya guna selalu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keberadaan Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: 300 Ilmu Sosial
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
      Depositing User: Ratna Sufiatin
      Date Deposited: 07 Oct 2013 13:48
      Last Modified: 07 Oct 2013 13:48
      URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/7034

      Actions (login required)

      View Item