Pengendalian persediaan probabilistik dengan batasan kapasitas Gudang dan modal menggunakan metode pengali lagrange (Studi kasus pada PT Sari Husada Unit II Kemudo Klaten)

EFFENDI, IKLAS (2011) Pengendalian persediaan probabilistik dengan batasan kapasitas Gudang dan modal menggunakan metode pengali lagrange (Studi kasus pada PT Sari Husada Unit II Kemudo Klaten). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (88kB) | Preview

Abstract

PT. Sari Husada merupakan perusahaan manufaktur yang menganut sistem Make To Stock dimana produk diproduksi secara massal dan siap didistribusikan kepada konsumen. Bahan baku yang digunakan di PT. Sari Husada dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu Bahan baku utama, Bahan baku tambahan dan Bahan pengemasan. Setiap bahan baku memiliki perencanaan tersendiri terhadap jumlah, waktu, penganggaran, dan juga penanganan yang benar agar bahan baku yang disimpan tidak rusak. Carton box merupakan bahan pengemas yang mudah rusak apabila mendapat tekanan yang besar dan mudah jatuh apabila terjadi getaran sehingga carton box tidak bisa ditumpuk lebih dari 1 palet dan tidak bisa diletakkan di rak. Hal tersebut menyebabkan tempat penyimpanan carton box terbatas. Pengendalian persediaan carton box yang kurang memperhatikan kapasitas gudang dan anggaran yang disediakan menyebabkan terjadinya kelebihan persediaan. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan Penyelesaian masalah dalam penelitian ini adalah dengan meramalkan permintaan yang akan datang menggunakan data penjualan masa lalu. Dari hasil peramalan tersebut digunakan sebagai input untuk menentukan system pengendalian persediaan agar persediaan tidak melebihi kapasitas gudang dan anggaran yang tersedia sehingga biaya persediaan tidak meningkat. Model yang digunakan adalah menggunakan model persediaan probabilistik berkendala (model (Q,r, )) dengan “back order policy”. Dari hasil perhitungan dengan model persediaan berkendala didapatkan total biaya pembelian sebesar Rp. 227.521.000,00 dan total kebutuhan area penyimpanan sebesar 167,45 2 m dimana nilai tersebut lebih kecil dari kendala yang ada, sehingga hasil perhitungan yang didapat merupakan solusi yang optimal. Total biaya persediaan dari hasil perhitungan dengan model persediaan berkendala adalah Rp Kata kunci: persediaan, probabilistik, kendala, biaya persediaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Sep 2011 01:58
Last Modified: 19 May 2015 02:48
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item