Hasparingga, Ayunda
(2011)
Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pemilihan Jasa Transportasi Dengan Menggunakan Konjoin Analisis (Studi kasus : Industri Jasa Transportasi Angkatan Umum Di Yogyakarta).
Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Abstract
Jasa transportasi menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi hampir kebanyakan orang. Seiring dengan perkembangan masyarakat, jasa industri transportasi sekarang sangat beragam misalnya: ada yang menawarkan jasa taksi motor dengan harga yang murah, angkutan umum bis trans-Jogja yang bisa berpindah-pindah dari halte ke halte tanpa membayar lagi sesuai dengan ketentuan yang ada, taksi mobil dengan variasi pelayanan yang ditawarkan, ada yang taksi mobil dengan kapasitas penumpang besar dan ada yang menawarkan kupon berhadiah atau potongan harga. Pada penelitian ini adalah menentukan tingkat kepentingan relatif masing-masing atribut dari jasa transportasi serta profil segmentasi konsumen jasa transportasi berdasarkan tingkat kepentingan relatif masing-masing atribut bagi masing-masing konsumen,mengetahui masukan yang dapat diberikan terhadap bussiness plan untuk penyedia jasa transportasi. Profil jasa penyedia transportasi yang diinginkan konsumen adalah penyedia transportasi dengan layanan tarif tidak terlalu mahal dengan persentase 11.811%, kenyamanan 7.849%, kapasitas penumpang 8.325%, jadwal pemberangkatan 6.923%, area 6.872%, komunikasi karyawan 7.301%, jalur/rute 7.842% dan akses transportasi 8.464%. Dari analisis klaster dihasilkan 8 segmen dan diketahui faktor demografi yang mempengaruhi pembentukan segmen secara signifikan yaitu jenis kelamin, status perkawinan, usia, pekerjaan, pendapatan rata-rata dan pendidikan. Keywords : Transportasi, Konjoin analisis, Klaster
Actions (login required)
 |
View Item |