KAJIAN EVALUASI KELAS KEMAMPUAN LAHAN DI KAWASAN HUTAN LINDUNG DENGAN METODE INDEKS STORIE DI CIMAHI UTARA PROPINSI JAWA BARAT

ANGGA , PASKIBRAGUSTIAN (2012) KAJIAN EVALUASI KELAS KEMAMPUAN LAHAN DI KAWASAN HUTAN LINDUNG DENGAN METODE INDEKS STORIE DI CIMAHI UTARA PROPINSI JAWA BARAT. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (7Kb) | Preview

    Abstract

    Kawasan lindung adalah kawasan yang ditetapkan dengan fungsi utama melindungi kelestarian lingkungan hidup. Kawasan lingkungan hidup memiliki peranan penting dalam mengendalikan fungsi ekologi dan lingkungan. Kemampuan lahan juga perlu diperhatikan dalam terciptanya kawasan lingkungan hidup karena dengan mengetahui suatu daerah kita dapat menentukan penggunaan lahan beserta pengelolaannya yang tepat sehingga dapat dicapai produktifitas yang optimal tanpa menimbulkan degradasi atau kerusakan lingkungan. Pada daerah Cimahi Utara khususnya Kelurahan Citeureup dan Cipageran berdasarkan PERDA No.32 Tahun 2003 kawasan lindung yang direncanakan kurang dari 15% dari luas wilayahnya. Dalam penentuan kawasan lindung didaerah Kelurahan Citeureup dan Cipageran menggunakan metode indeks storie. Metode ini adalah metode pengharkatan berdasarkan skor dari beberapa parameter. Parameter yang digunakan adalah permeabilitas tanah, batuan, jenis tanah, kedalaman tanah, kemiringan lereng, kerikil/batuan dan drainase. Dari metode indeks storie didapat hasil bahwa didaerah Kelurahan Citeureup dan Cipageran masuk dalam kelas kemampuan lahan III, IV dan V. dimana Kelas III dan IV penggunaan sesuai untuk pertanian. Kelas V penggunaan sesuai untuk padang rumput, tanaman tahunan dan vegeatasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 500 Sains dan Matematika
    Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Lingkungan
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 03 Feb 2012 13:51
    Last Modified: 03 Feb 2012 13:51
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/764

    Actions (login required)

    View Item