Setyawanti, Asty (2014) KAJIAN EROSI DENGAN METODE USLE DAN METODE PETAK KECIL DI SUB-SUB DAS TELENG, KECAMATAN GIRIWOYO, KABUPATEN WONOGIRI, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
![]() | PDF Download (99Kb) |
Abstract
INTISARI Lahan merupakan sumberdaya alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Tetapi, jumlah lahan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah. Banyaknya lahan yang digunakan/ dimanfaatkan oleh manusia untuk segala kebutuhan hidup yang tidak sesuai dengan kaedah konservasi lahan dapat mengakibatkan kerusakan lahan (erosi). Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menghitung dan mengetahui jumlah tanah tererosi serta meminimalkan laju erosi yang terjadi. Penelitian dilakukan di Sub-sub DAS Teleng, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yaitu menggunakan metode USLE dan metode Petak Kecil. Metode USLE berfungsi untuk mengetahui prediksi nilai laju erosi di daerah penelitian sedangkan metode petak kecil bertujuan untuk mengetahui nilai laju erosi pada secara langsung pada tiap kejadian hujan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil nilai laju erosi pada metode USLE yang terbesar adalah 564,355 ton/ha/thn dan yang terkecil yaitu 0,17 ton/ha/thn sedangkan nilai laju erosi pada metode petak kecil yang terbesar adalah 115,895 ton/ha/thn dan yang terkecil yaitu 0,144 ton/ha/thn. Untuk daerah penelitian, ada beberapa arahan fungsi lahan yaitu fungsi kawasan lindung, fungsi kawasan penyangga dan fungsi kawasan budidaya tanaman semusim. Kata kunci: Lahan, Kerusakan Lahan, Erosi xiv EROSION ASSESSMENT USING USLE AND SMALL PLOT METHOD IN SUB-WATERSHED TELENG, GIRIWOYO DISTRICT, SPECIAL DISTRICT PROVINCE WONOGIRI JAWA TENGAH
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Lingkungan |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 03 Jan 2014 09:30 |
Last Modified: | 03 Jan 2014 09:30 |
URI: | http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/7885 |
Actions (login required)
View Item |