PERANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BATUPASIR PT.PASIRPITU GUNUNGPERAK DESA PAGERGUNUNG, KECAMATAN PAGERUYUNG, KABUPATEN KENDAL, PROVINSI JAWA TENGAH

ISMANTO, DEDY (2011) PERANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BATUPASIR PT.PASIRPITU GUNUNGPERAK DESA PAGERGUNUNG, KECAMATAN PAGERUYUNG, KABUPATEN KENDAL, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (15kB) | Preview

Abstract

PT. Pasirpitu Gunungperak merupakan sebuah perusahaan baru di bidang pertambangan batupasir, memiliki Wilayah Usaha Pertambangan (WIUP) seluas 40ha di daerah Pagergunung, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. PT. Pasirpitu Gunungperak membutuhkan perancangan penambangan yang terencana dan terarah dalam rangka pembukaan daerah penambangan di lokasi wilayah usaha pertambangan yang dimilikinya.Dalamperancangan teknis tersebut memerlukan (a) penetapan sasaran produksi batupasir, (b) membuat geometri jenjang berdasarkan rekomendasi geoteknik, (c) pembuatan desain tambang, (d) penaksiran jumlah cadangan, dan (e) perhitungan jumlah alat yang digunakan.PT. Pasirpitu Gunungperak menetapkan produksi batupasir sebesar 3juta bcm per tahun. Geometri lereng yang dibuat dalam rancangan penambangan yang ditetapkan oleh PT. Pasirpitu Gunungperak berdasarkan rekomendasi geoteknik yaitu tinggi jenjang individu 8m, lebar berm 3m dan kemiringan jenjang 65º, sedangkan untuk overall slope dibuat dengan kemiringan 42º, rekomendasi geoteknik ini berdasarkan hasil pengujian dan analisis yang dilakukan dilaboratorium mekanika batuan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Untuk mendukung perancangan tersebut telah dilakukan perhitungan dengan diperoleh lebar total jalan angkut tambang 13m, lebar jalan angkut pada belokan 15,5m, grade jalan tambang 10 %. Berdasarkan desain yang dibuat dapat ditaksir cadangan batupasir di lokasi penelitian dengan bantuan software autoCAD. Berdasarkan pembuatan desain penambangan, maka kegiatan penambangan diperkirakan berumur 12 tahun dengan jumlah cadangan ditaksir sebesar 38.416.058bcm Alat yang akan digunakan untuk alat gali dan muat batupasir adalah Backhoe excavator Komatsu PC 400-LC6. Alat angkut batupasir adalah dump truck Komatsu Berdasarkan perencanaan perhitungan jumlah alat produksi yang akan digunakan, maka diperoleh alat gali muat yang digunakan berjumlah 2 unit. Sedangkan dumpruck HD 325.6 yang akan digunakan pada tahun pertama berjumlah 7 unit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Pertambangan
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Jun 2012 03:08
Last Modified: 12 May 2015 07:24
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item