ANALISIS KUALITAS PELAYANAN GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG MENGGUNAKAN SERVQUAL DAN METODE KANO (Studi Kasus di Kebun Raya Kebun Binatang Gembira Loka)

ADITYA, WIDYANTARA (2013) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG MENGGUNAKAN SERVQUAL DAN METODE KANO (Studi Kasus di Kebun Raya Kebun Binatang Gembira Loka). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (87Kb) | Preview

    Abstract

    Dari tahun ke tahun banyak terjadi banyak perkembangan dalam industri pariwisata. Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka sebagai salah satu pelaku usaha pariwisata di Yogyakarta harus mampu mempertahankan tingkat pelayanan kepuasan pelanggan supaya minat masyarakat untuk berkunjung tetap tinggi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap pihak manajemen dan pengunjung KRKB Gembira Loka. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode servqual dan metode Kano supaya dapat ditahui kualitas pelayanan di KRKB Gembira Loka. Analisis hasil dilakukan untuk dapat diketahui atribut mana yang menjadi prioritas utama bagi KRKB Gembira Loka untuk dilakukan perbaikan. Hasil pengolahan data yang dilakukan, yang menjadi prioritas perbaikan yaitu atribut layanan yang masuk dalam kategori one-dimensional dan attractive. Adapun atribut yang mempengaruhi kepuasan pengunjung, yang masuk dalam kategori one-dimensional, diantaranya yaitu: (1) kebersihan, kerapian, dan kenyamanan area kebun binatang; (2) tersedianya tempat ibadah; (3) pengunjung dan karyawan mematuhi prosedur keamanan selama di lokasi; (4) penjelasan yang jelas dan tepat jika ada pertanyaan dari pengunjung; (5) terbina komunikasi yang baik antara pengunjung dan karyawan. Kata kunci: kualitas pelayanan, metode Kano, servqual

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum
    Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
    Depositing User: Eko Yuli Wahyuningsih
    Date Deposited: 13 Jan 2014 10:41
    Last Modified: 13 Jan 2014 10:41
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/8065

    Actions (login required)

    View Item