ESTIMASI CADANGAN BATUGAMPING DENGAN METODE CROSS SECTION DIBANDINGKAN DENGAN METODE POLIGON DI AREAL ZONA C PULAU NUSAKAMBANGAN CILACAP JAWA TENGAH

Susanto, Riza Wahyu ESTIMASI CADANGAN BATUGAMPING DENGAN METODE CROSS SECTION DIBANDINGKAN DENGAN METODE POLIGON DI AREAL ZONA C PULAU NUSAKAMBANGAN CILACAP JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (29Kb) | Preview

    Abstract

    RINGKASAN Untuk memenuhi kebutuhan batugamping sebagai bahan baku utama semen, maka perlu dilakukan estimasi cadangan batugamping sehingga dapat memberikan taksiran kuantitas (tonase) dan kualitas (kadar) dari cadangan batugamping. Berdasarkan data yang tersedia yaitu peta topografi, peta geologi dan hasil analisis kimia batugamping yang diambil dari 15 lubang bor, diketahui bahwa kualitas batugamping di daerah penelitian mengandung CaO sebesar 52,09 % dan kandungan MgO sebesar 1,79 %. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa endapan batugamping pada daerah penelitian sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan oleh PT. Holcim Indonesia Pabrik Cilacap, yaitu kandungan CaO � 48 % dan kandungan MgO � 1,8 %. Sehingga jika disetujui kandunganCaO dan MgO nya, maka endapan batugamping di daerah zone C pulau Nusakambangan layak untuk ditambang dan dijadikan sebagai bahan baku pembuatan semen. Hasil estimasi cadangan batugamping dibatasi sampai ketinggian 10 meter di atas permukaan air laut. Estimasi cadangan batugamping dilakukan dengan menggunakan metode cross section dan metode poligon. Jumlah tonase yang diperoleh dengan menggunakan metode cross section sebesar 88.789.725,66 Ton, sedangkan dengan menggunakan metode poligon sebesar 89.236.008,41 Ton. Dari hasil estimasi cadangan batugamping dengan metode cross section dan metode poligon diperoleh perbedaan estimasi cadangan batugamping sebesar 446.282,75 Ton. Perbedaan tersebut dikarenakan pada metode poligon kondisi topografi pada daerah penelitian dianggap datar, sedangkan pada metode cross section kondisi topografi sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Pertambangan
    Depositing User: Sri Lestari
    Date Deposited: 21 Sep 2011 13:44
    Last Modified: 21 Sep 2011 13:44
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/809

    Actions (login required)

    View Item