PENGARUH PERSEPSI TENTANG DEWAN KERJA DAERAH DIY TERHADAP MINAT MENJADI PENGURUS DEWAN KERJA DAERAH DIY (Studi Di Kalangan Anggota Gerakan Pramuka Golongan Pandega Di Provinsi DIY)

Umi , Sukaningtyas (2011) PENGARUH PERSEPSI TENTANG DEWAN KERJA DAERAH DIY TERHADAP MINAT MENJADI PENGURUS DEWAN KERJA DAERAH DIY (Studi Di Kalangan Anggota Gerakan Pramuka Golongan Pandega Di Provinsi DIY). UNSPECIFIED thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (37Kb) | Preview

    Abstract

    Sebuah organisasi demi melaksanakan fungsinya memerlukan beberapa orang sebagai pengurus organisasi tersebut. Demikian pula dengan DKD DIY, nama organisasi yang merupakan suatu wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi Gerakan Pramuka di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diberi wewenang dan kepercayaan untuk mengelola anggota Gerakan Pramuka golongan Penegak dan Pandega di tingkat provinsi. Demi melaksanakan tugas dan wewenangnya DKD DIY memerlukan beberapa orang sebagai pengurus. Pengurus DKD DIY salah satunya merupakan anggota Pramuka golongan Pandega di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipilih melalui proses seleksi. Namun belakangan telah terjadi penurunan dalam minat menjadi pengurus DKD DIY. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data korelasi product moment. Variabel yang digunakan adalan Persepsi sebagai variable X dan Minat Menjadi Pengurus DKD DIY sebagai variabel Y. Sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada 20 orang responden. Setelah dinyatakan valid dan reliabel dilakukan tabulasi data. Dari hasil tabulasi data tersebut dapat diketahui indikator-indikator mana yang dinilai positif dan mana yang dinilai rendah atau negatif oleh responden. Hasil dari penelitian ini diperoleh koefisien korelasi antara persepsi dan minat menjadi pengurus DKD DIY sebesar 0,762. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara persepsi terhadap minat menjadi pengurus DKD DIY. Diketahui pula besarnya koefisien korelasi sebesar 0,762 atau 0,76 termasuk dalam hubungan yang tinggi atau kuat, karena berada pada interval 0,70 – < 0,90. Hal ini berarti bahwa apabila persepsi yang dihasilkan baik, maka minat menjadi pengurus DKD DIY juga akan tinggi, begitupun sebaliknya. Dari hasil uji hipotesis didapatkan bahwa r hitung (0,762) ternyata lebih besar dari r tabel (0,213) dengan taraf signifikan 5 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa koefisien korelasi 0,762 signifikan, ini berarti hipotesis penelitian yang diperoleh dari data sampel itu dapat diberlakukan untuk populasi. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa variabel persepsi memberikan kontribusi sebesar 58 % terhadap minat menjadi pengurus DKD DIY di kalangan anggota Gerakan Pramuka golongan Pandega di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 21 Sep 2011 13:45
    Last Modified: 21 Sep 2011 13:45
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/810

    Actions (login required)

    View Item