DAVID , ARIYANTO (2014) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY DAN SERVQUAL (Studi Kasus di Klinik Bidan Kita, Klaten, Jawa Tengah). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Abstract
Beberapa keluhan untuk kemudahan dalam menghubungi pihak klinik dan kesiapan bidan dalam melayani konsumen yang datang tidak tepat waktu, sehingga konsumen merasa tidak nyaman dengan pelayanan yang mereka terima. Klinik Bidan Kita sudah melakukan upaya peningkatan pelayanan tetapi hanya sebatas pada aspek fisik seperti perbaikan fasilitas kamar rawat inap, taman, dan kebersihan. Akan tetapi, Klinik Bidan Kita dalam meningkatkan kualitas pelayanannya belum melibatkan konsumen, sehingga masih terdapat kekurangan-kekurangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran yang melibatkan konsumen agar upaya peningkatan kualitas pelayanan yang akan dilakukan dapat memenuhi harapan konsumen. Evaluasi kualitas pelayanan perlu dilakukan untuk mengetahui persepsi dan harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan di Klinik Bidan Kita, sehingga dapat menentukan prioritas perbaikan pelayanan dengan optimal. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam menganalisis kualitas pelayanan adalah dengan menggunakan metode Fuzzy dan Servqual. Dari hasil penelitian berdasarkan analisis Fuzzy diperoleh hasil nilai tertinggi fuzzyfikasi yaitu lokasi klinik yang strategis dengan bobot 0,0483, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lokasi klinik yang strategis merupakan prioritas utama konsumen dalam memilih klinik Bidan kita. Selanjutnya berdasarkan analisis Servqual diperoleh nilai pesepsi konsumen tertinggi yaitu lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, sedangkan nilai harapan bersikap ramah dan sopan, kualitas pelayanan tertinggi pada masing-masing kriteria diperoleh ranking terbesar adalah lokasi klinik strategis dan mudah dijangkau. Dengan demikian hasil Analisiss Fuzzy dan Servqual diperoleh hasil yang sama yaitu dimensi kualitas pelayanan yang menjadi prioritas konsumen adalah lokasi klinik yang strategis dan mudah di jangkau. Kata kunci : Kualitas Pelayanan Klinik Bersalin, Fuzzy dan Servqual
Actions (login required)