DESAIN AKHIR TAMBANG BERDASARKAN MODEL DEPOSIT GALENA DAN SPHALERITDI RIAMKUSIK KEC. MARAU KAB. KETAPANG PROPINSI KALIMANTAN BARAT

PERMANA, DHIAN (2011) DESAIN AKHIR TAMBANG BERDASARKAN MODEL DEPOSIT GALENA DAN SPHALERITDI RIAMKUSIK KEC. MARAU KAB. KETAPANG PROPINSI KALIMANTAN BARAT. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (6kB) | Preview

Abstract

Ditemukannya potensi sumberdaya galena dan sphalerit yang ada di daerah Riamkusik Kec. Marau Kab. Ketapang Kalimantan Barat. Perlu diketahui lebih lanjut pemanfaatan sumberdaya yang ada sehingga bisa lebih optimal. Maka dilakukan penelitian dilokasi tersebut, bertujuan untuk mengetahui penyebaran dan potensi galena dan sphalerit. Serta memperkirakan desain akhir tambang sebatas nisbah pengupasan dan tingkat keamanan lereng. Nisbah pengupasan yang menggunakan standar break even stripping ratio (besr) yaitu 7.57 dan strapping ratio (sr), sebagai bahan pembanding biaya penjualan ore per tonnya masih sebanding dengan biaya penambangan ore per ton dan pengupasan tanah penutup (waste) per ton. Dalam menjamin keselamatan jenjang kerja (work bench) mengunakan parameter-parameter desain tambang yang direkomendasikan perusahaan yang dikorelasi dengan Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. 555/26m.PE/1995 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum. Maka digunakan tinggi jenjang keseluruhan 24 m dengan overall slope 45o sedangkan untuk jenjang tunggal 6 m dengan kemiringan slope 30o dan memiliki faktor keamanan > 1.3.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Geologi
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 23 Sep 2011 03:29
Last Modified: 09 May 2015 04:01
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item