ARI HAULION , NAINGGOLAN (2014) APLIKASI PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK CAN 250 ML MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING STUDI KASUS : PT. COCA-COLA AMATIL INDONESIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() | PDF Download (5Kb) |
Abstract
ABSTRAK Dalam menghadapi persaingan ketat antara pelaku bisnis, khususnya di industri minuman ringan, para pelaku bisnis banyak melakukan cara supaya produk minuman yang dijualnya tetap laku dan angka penjualan di setiap tahunnya bisa meningkat. Salah satu cara pelaku bisnis yang dilakukan dalam menghadapi persaingan adalah dengan menganalisis data penjualan di tahun-tahun sebelumnya, dan kemudian mengubah pola penjualan agar di tahun berikutnya bisa meningkat. Tentunya pelaku bisnis memerlukan waktu yang lama dalam menganalisis data penjualan yang begitu banyak. Pada skripsi ini telah dapat dibuat suatu aplikasi untuk membantu general sales manager untuk menganalisis data penjualan yang tertumpuk dengan data mining. Metode data mining yang digunakan dalam skripsi ini adalah dengan metode clustering. Aplikasi data mining ini dibuat dengan bahasa program PHP. Aplikasi data mining ini menghasilkan kelompok-kelompok data penjualan yang dianalisis dengan metode clustering. Kelompok data penjualan tersebut kemudian dianalisis kembali guna mengambil keputusan menentukan pola penjualan di tahun berikutnya supaya angka penjualan di tahun berikutnya meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 24 Feb 2014 09:44 |
Last Modified: | 24 Feb 2014 09:44 |
URI: | http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/8213 |
Actions (login required)
View Item |