STUDI METODE GEOMAGNET UNTUK MENGETAHUI KONFIGURASI GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DAERAH GUNUNG PENDUL DAN SEKITARNYA KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH

ASWARI , VREDI BAYU (2013) STUDI METODE GEOMAGNET UNTUK MENGETAHUI KONFIGURASI GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DAERAH GUNUNG PENDUL DAN SEKITARNYA KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (111Kb) | Preview

    Abstract

    STUDI METODE GEOMAGNET UNTUK MENGETAHUI KONFIGURASI GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DAERAH GUNUNG PENDUL DAN SEKITARNYA KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH Vredi Bayu Aswari (115.070.026) Program Studi Teknik Geofisika, Fakultas Teknologi Mineral, Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta ABSTRAK Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui konfigurasi geologi bawah permukaan dengan menggunakan metode geomagnet di daerah Gunung Pendul dan sekitarnya, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Metode geomagnet merupakan metode geofisika yang mengukur nilai intensitas magnet total berdasarkan sifat kemagnetan batuan di bawah permukaan bumi. Dengan nilai intensitas magnet total yang di dapat dari alat Geomagnet serta melalui proses – proses pengolahan data dan beberapa filtering, dapat digambarkan kondisi bawah permukaan daerah penelitian. Lintasan pengukuran dalam penelitian ini berjumlah 8 lintasan dengan azimuth N 180° E dengan kata lain mengarah dari utara ke selatan. Panjang lintasan ± 1500 m dengan spasi antar titiknya 10 m dengan pertimbangan sesuai dengan keadaan lapangan dan geologi daerah penelitian. Dari hasil pengolahan data dan beberapa filtering menggunakan software Geosoft Oasis montaj versi 6.4.2, didapatkan Peta anomali medan magnet yang kemudian dilakukan pemisahan antara anomali lokal dan anomali regional. Peta anomali regional di dapat dengan proses Upward Continuation 100m, dan kemudian dilakukan filtering reduksi ke kutub. Untuk Permodelan digunakan Peta Reduksi ke Kutub. Batas batuan bawah permukaan dapat diketahui dengan menggunakan peta reduksi ke kutub yang telah di upward contuniation 100m terlebih dahulu. Secara geologi daerah Gunung Pendul dan sekitarnya terdiri dari tiga batuan, yaitu; batuan metamorf, batuan beku dan batuan sedimen. Berdasarkan nilai intensitas medan magnet, dapat dibagi menjadi tiga, yaitu nilai intensitas tinggi dengan nilai 324,73 – 388,03 nT yang diperkirakan batuan beku gabro, nilai intensitas sedang dengan nilai 244,59 – 324,72 nT yang diperkirakan batugamping, dan nilai intensitas rendah dengan nilai -70,31 – 244,58 nT yang diperkirakan endapan aluvial. Kata kunci : Metode Geomagnet, Geosoft Oasis montaj versi 6.4.2, Intensitas Magnet, Konfigurasi Geologi, Batas Batuan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Geofisika
    Depositing User: Sri Lestari
    Date Deposited: 28 Jun 2012 12:42
    Last Modified: 02 Jan 2014 09:07
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/827

    Actions (login required)

    View Item