MOHAMMAD ARIEF DWI , PUTRANTO (2014) STRATEGI KREATIF PROGRAM DRAMA KOMEDI DI RADIO LOKAL YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Strategi Kreatif Program Kos Kosan Gayam di Radio Geronimo Dalam Menghadapi Persaingan Radio). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() | PDF Download (11Kb) |
Abstract
Dalam menghadapi persaingan radio, stasiun radio berlomba-lomba berupaya untuk merebut pendengar maupun minat pengiklan, dengan memberikan program-program radio yang unik dan menarik sebagai strategnya. Seperti halnya Radio Geronimo yang mengemas program-programnya dengan semenarik mungkin, salah satunya program Kos Kosan Gayam yang merupakan program unggulan sebagai program drama komedi yang sudah cukup eksis ditelinga kalangan pendengar Radio Geronimo di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif program Kos Kosan Gayam di Radio Geronimo dalam menghadapi persaingan radio, baik dari sisi pendengar maupun pengiklannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan dianalisis dengan trianggulasi data. Sumber data utamanya diperoleh dari wawancara produser dan pendengar Kos Kosan Gayam di Radio Geronimo. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari sumber lain melalui referensi dari buku maupun literatur yang terkait dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa dalam mengolah maupun mengembangkan program radio khususnya Kos Kosan Gayam di Radio Geronimo, dengan melalui strategi kreatif, program menjadi menarik dan memiliki karakter, yang dikemas dengan unsur komedi khas anak muda, serta mampu menjadikan program Kos Kosan Gayam sebagai program unggulan yang tidak hanya mendatangkan banyak pendengar, namun mampu menjual dan mendatangkan minat pengiklan sebagai bentuk strategi dalam menghadapi persaingan radio yang diterapkan Radio Geronimo. Strategi yang dibangun Kos Kosan Gayam, yaitu mampu membangun hubungan sebagai kedekatan antar pendengar melalui media sosial facebook maupun twitter yang direspon oleh pendengar dengan komentar-komentarnya. Sedangkan dalam hal periklanannya, lebih menerapkan sebagai tema dalam alur cerita di Kos Kosan Gayam maupun melalui kuis berhadiah di twitter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 10:40 |
Last Modified: | 25 Mar 2014 10:40 |
URI: | http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/8360 |
Actions (login required)
View Item |