KAJIAN INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM FUNGSI MENGIRIM DAN MENERIMA PESAN BAGI PENGGUNANYA (STUDI EKSPLORASI MODEL, KONSEP DAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI BERMEDIA INTERNET)

Setiawan , Edwi Arief (2001) KAJIAN INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM FUNGSI MENGIRIM DAN MENERIMA PESAN BAGI PENGGUNANYA (STUDI EKSPLORASI MODEL, KONSEP DAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI BERMEDIA INTERNET). Masters thesis, UPN " Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (6Kb) | Preview

    Abstract

    Internet merupakan penemuan teknologi telekomunikasi mutakhir pada akhir abad ke 20. Teknologi internet menggabungkan antara sinergi komponen medium televisi, telephone, dan komputer dalam jaringan besar, luas dan global. Karakter yang dimiliki pada internet selanjutnya dimanfaatkan sebagai sarana penyampaian dan penerimaan pesan oleh penggunanya dengan tingkat interaktif yang lebih tinggi dari media komunikasi klasik lainnya. Di Indonesia, internet sudah semakin membudaya dan telah banyak digunakan oleh berbagai instansi maupun masyarakat. Walapun begitu internet masih diabaikan dalam fungsinya sebagai medium komunikasi. Ini disebabkan karena belum banyak dilakukan eksplorasi dan penelitian internet dalam tinjauan ilmu komunikasi. Kendala utama terletak pada landasan teoritis dan belum tampak besarnya efek atau dampak dari penggunaan internet. Dari pijakan alasan tersebut maka dalam penelitian ini dilakukan pengkajian secara mendalam dan observasi fenomena penggunaan internet sebagai medium komunikasi untuk menyusun model, konsep dan teori proses komunikasi bermedia internet. Hasil dari kajian dan observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa internet sangat berbeda jauh dengan medium komunikasi klasik terutama dalam kemampuan dan sifat-sifat yang dimiliki internet. Dalam model dan konsep proses komunikasi, internet memiliki kemandirian dalam bentuk, unsur / komponen serta sifat komunikasinya. Dalam perbandingannya dengan media komunikasi klasik, internet memiliki konfigurasi-konfigurasi berbeda dan baru dalam fasilitas yang dimiliki serta sanggup berperan sebagai medium interpersonal maupun medium massa dengan membawa pesan yang beraneka rupa dalam bentuk teks, gratis, suara dan citra bergerak.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: dian praditya
    Date Deposited: 20 Dec 2011 13:57
    Last Modified: 20 Dec 2011 13:57
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/840

    Actions (login required)

    View Item