PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN (STUDI PADA TENAGA EDUKATIF DAN ADMINISTRASIF FISIP UPN "VETERAN" YOGYAKARTA)

Dewanti , Ida Susi (2003) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN (STUDI PADA TENAGA EDUKATIF DAN ADMINISTRASIF FISIP UPN "VETERAN" YOGYAKARTA). Masters thesis, UPN " Veteran" Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional yang terdiri dari variabel karisma, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individual terhadap komitmen karyawan pada organisasi, studi pada dosen dan karyawan administrasi FISIP UPN "Veteran" Jogjakarta Subyek penelitian adalah dosen dan karyawan administrasi di FISIP UPN yang semuanya berjumlah 71 orang dengan perincian 50 orang adalah dosen dan 21 prang adalah karyawan administrasi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan 2 angket yaitu angket kepemimpinan faktor ganda (MLQ) untuk mengukur gaya kepemimpinan transformasional, dan angket komitmen untuk mengukur komitmen karyawan terhadap organisasinya. Kedua angket ini diisi oleh bawahan (dosen dan karyawan administrasi) sebagai unit analisis untuk mengetahui tanggapan mereka. Variabel bebas pada penelitian ini adalah karisma (X1), motivasi inspirasional (X2), stimulasi intelektual (X3), dan perhatian individual (X4) sedangkan variabel terikatnya adalah komitmen (Y). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk mengukur pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dan parsial, Aralisis dilakukan untuk kedua kelompok responden yaitu dosen dan karyawan administrasi secara terpisah. Hasil analisis rnenunjukkan : 1); Untuk responden dosen. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel karisma, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual dan perhatian individual terhadap komitmen karyawan dengan nilai F 0.001 < a 0,05. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel ferikat sebesar 26,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Secara parsial hanya variabel karisma dan stimulasi inteletual yang mempunyai pengaruh terhadap komitmen karyawan dengan nilai sig. t sebesar 0,039 dan 0,036. Sumbangan efektif kedua variabel tersebut terhadap komitmen karyawan sebesar 18,5%. Variabel yang paling dominan pada kelompok responden ini adalah stimulasi intelektual (X3) dengan nilai koefisien determinasi terbesar yaitu 9,4%. 2 Untuk responden karyawan. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel karisma, motivasi inspirasionai, stimulasi intelektual, dan perhatian individual terhadap komitmen karyawan dengan nilai F 0,000 < a 0,05. Kontribusi terhadap komitmen karyawan sebesar 77,4% sisanya 22,6% dipengaruhi variabel lain. Secara parsial keempat variabel mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen karyawan dengan nilai sig. t masing-masing sebesar X1 (0,0035), X2 (0,040), X3 (0,036), X4 (0,037). Variabel yang paling dominan pada kelompok responden ini adalah karisma (X1) dengan nilai koefisien determinasi terbesar yaitu 24,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis
Depositing User: dian praditya
Date Deposited: 26 Sep 2011 11:00
Last Modified: 26 Sep 2011 11:00
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item