FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

Anomsari , Fitri (2003) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ). Masters thesis, UPN " Veteran" Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

FITRI ANOMSARI, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, 17 November 2003. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Pembayaran Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Komisi pembimbing, Ketua: Moch. Ichsan, Anggota: Darminto. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kenyataan bahwa kebijakan dividen menimbulkan dua efek yang saling bertentangan, dimana pembayaran dividen dalam jumlah besar akan bisa meningkatkan harga saham, tapi dilain pihak, pembayaran dividen dalam jumlah besar juga akan menurunkan harga saham karena ketergantungan kepada sumber dana eksteren semakin besar sehingga akan menurunkan tingkat pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah cash ratio (CR), debt to equity ratio (DER), equity to total aset ratio (ETAR), return on investment (ROI), earning per shares (EPS), tingkat pertumbuhan penjualan (GS). dan ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap dividend per shares (DPS), dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempenganihi DPS pada perusahaan manufaktur yang go publik di Bursa Efek Jakarta selama periode tahun 1999 sampai dengan 2002 Penelitian ini termasuk jenis perelitian explanatory, Jumlah populasi adalah 152 perusahaan dengan sample sebanyak 26 perusahaan. Pengambilan sample dilakukan dengan pendekatan non probability sampling dengan teknik purposive sampling khususnya type judgement sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis finansial dengan menggunakan analisi ratio keuangan dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel cash ratio (CR), debt to equity ratio (DER), equity to total aset ratio (ETAR), return on investment (ROI), earning per shares (EPS), tingkat pertumbuhan Benjualan (GS). dan ukuran perusahaan (SIZE) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap dividen per shares (DPS) dengan probabilitas sebesar 0,000 dan F-hitung sebesar 20,857. Variasi perubahan nilai variabel DPS yang bisa dijelaskan oleh variabel CR, DER, ETAR, ROI, EPS, GS, dan SIZE secara simultan adalah sebesar 57,4% sedang 42,6% sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar ketujuh variabel yang diteliti. Berdasarkan analisis regresi berganda dengan menggunakm uji-t disimnpulkan bahwa variabel CR, ETAR, ROI, EPS, GS, dan SIZE secara partial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap DPS dengan arah hubungan positif sedang variabel DER secara parsial berpengaruh signiifikan terhadap DPS dengan arah hubungan negatif pada tingkat signifikansi 0,05. Dari ketujuh variabel yang diteliti, EPS merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap DPS pada perusahaan munufaktur yang go publik di BEJ selama periode tahun 1999 sampai dengan 2002 dengan t-hitung sebesar 9,22 dan probabilitas sebesar 0,000 pada tingkat signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis
Depositing User: dian praditya
Date Deposited: 26 Sep 2011 11:04
Last Modified: 26 Sep 2011 11:04
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item