FAKTOR PERTUMBUHAN PENDUDUK, TINGKAT MELEK HURUF, DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA, 2004 – 2009

Ismuningsih, Atik (2011) FAKTOR PERTUMBUHAN PENDUDUK, TINGKAT MELEK HURUF, DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA, 2004 – 2009. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (192kB) | Preview

Abstract

Studi ini meneliti tentang pengaruh Pertumbuhan Penduduk, Tingkat Melek Huruf, Distribusi Pendapatan terhadap kemiskinan kabupaten/kota di DIY tahun 2004 - 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh pertumbuhan penduduk, tingkat melek huruf dan distribusi pendapatan terhadap kemiskinan, sehingga nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam penentuan kebijakan dalam mengatasi masalah kemiskinan di DIY Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan alat analisis panel data, yang terdiri dari data times series selama periode 2004-2009 dan data cross section 5 kabupaten/kota di DIY. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengestimasi model regresi dengan data panel adalah dengan menggunakan random effect model, digunakan dalam model ini karena adanya perbedaan karakteristik dan sumber daya yang dimiliki masing-masing wilayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan penduduk negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Sementara itu, variabel tingkat melek huruf dan distribusi pendapatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan. Kata kunci: kemiskinan, pertumbuhan penduduk, tingkat melek huruf, distribusi pendapatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Sep 2011 03:52
Last Modified: 29 Apr 2015 07:01
URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item