“ANALISIS STRATEGI CUSTOMER RELATIONS TOKO BUKU TOGAMAS UJO YOGYAKARTA MENGGUNAKAN PELAYANAN PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi deskriptif di Toko Buku Togamas Jl. Urip Sumoharjo, Yogyakarta)

Marthalena, Rita “ANALISIS STRATEGI CUSTOMER RELATIONS TOKO BUKU TOGAMAS UJO YOGYAKARTA MENGGUNAKAN PELAYANAN PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi deskriptif di Toko Buku Togamas Jl. Urip Sumoharjo, Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (18Kb) | Preview

    Abstract

    Persaingan di dunia bisnis saat ini, membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, begitu juga yang terjadi pada Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta. Kepuasan pelanggan sangat diperlukan karena membuat pelanggan untuk tetap setia membeli produk dari Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta, meskipun pelanggan mendapatkan banyak tawaran dari perusahaan lain. Dalam penelitian ini, subjek yang digunakan adalah Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: Ingin mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategi customer relations yang dilaksanakan oleh Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta, dan menganalisa strategi customer relations Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta menggunakan sistem pelayanan prima dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara: observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan begitu analisis penelitian ini dapat dipahami dengan melukiskan dan menerangkan fakta, tidak berdasarkan pada angka-angka, tetapi pada uraian penjelasan dari suatu fakta yang ada. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta melakukan kegiatan customer relations secara terencana untuk menarik perhatian calon pelanggan atau bahkan mempertahankan pelanggan lama untuk dapat tetap loyal kepada Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta. Perencanaan kegiatan customer relations yang dilakukan oleh Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta memiliki pola yang sama ditiap tahunnya, dan yang berperan dalam pelaksanaan kegiatan customer relations Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta adalah customer service. Strategi customer relations yang dilakukan oleh Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta adalah pengumpulan database (nomer telpon/HP/email), dan berhubungan secara tatap muka (face to face) untuk menjalin hubungan / kemitraan yang baik dengan pelanggan. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa adanya ketidaksamaan pemahaman antara pihak manajemen dan staf karyawan Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta mengenai pemberian reward terhadap karyawan yang memiliki prestasi kerja dan kredibilitas SDM yang baik bagi pihak Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta. Strategi customer relations yang dilakukan oleh Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta hasilnya belum begitu optimal, dikarenakan adanya kekurangan SDM. Saran untuk pihak Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta, untuk menciptakan strategi customer relations yang lebih baik dalam pencapaian tujuannya, maka pihak manajemen Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta harus lebih intensif lagi dalam melakukan pendekatan kepada internal (karyawan) maupun eksternal (pelanggan) Toko Buku Togamas Ujo Yogyakarta, serta lebih diperhatikan lagi kapasitas SDM yang ada sesuai dengan kebutuhan di dalam pelaksanaan pekerjaannya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Sri Lestari
    Date Deposited: 17 Oct 2011 10:16
    Last Modified: 17 Oct 2011 10:16
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/904

    Actions (login required)

    View Item