PERBAIKAN SIFAT-SIFAT KIMIA TANAH PENUTUP (OVERBURDEN) BATUBARA SEBAGAI MEDIA TANAM DENGAN PEMBERIAN BIOBUGS B470 HV, BAHAN ORGANIK DAN PENGAPURAN.

Izmal Maulana, Ibrahim (2011) PERBAIKAN SIFAT-SIFAT KIMIA TANAH PENUTUP (OVERBURDEN) BATUBARA SEBAGAI MEDIA TANAM DENGAN PEMBERIAN BIOBUGS B470 HV, BAHAN ORGANIK DAN PENGAPURAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kendala utama dalam melakukan kegiatan revegetasi pada lahan bekas penambangan batubara adalah kondisi lahan yang marginal. Tanah yang memadat, minimnya unsur hara, potensi keracunan mineral, miskinnya bahan organik, serta minimnya populasi serta kegiatan mikroorganisme tanah merupakan penyebab buruknya kesuburan tanah dan rendahnya tingkat keberhasilan revegetasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki sifat-sifat kimia tanah penutup (overburden) batubara sebagai media tanam dengan pemberian BIOBUGS B470 HV, bahan organik dan pengapuran. Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor I berupa macam pemberian inokulum BIOBUGS yang terdiri 2 taraf: P1 (inokulum BIOBUGS gandum) 0,58 bahan/100 tanah dan P2 (inokulum BIOBUGS powder) 0,058 bahan/100 tanah. Faktor II berupa penambahan bahan organik yang terdiri dari 3 taraf yaitu tanpa bahan organik (B0), bahan organik gliriside (B1) 2 gram/100 gram dan bahan organik jerami (B2) 2 gram/100 gram. Faktor III berupa penambahan kapur yang terdiri dari 2 taraf yaitu tanpa kapur (KO) dan penambahan kapur (K1) 0,174 gram/100 gram. Parameter penelitian meliputi pH H2O, C organik, N total dan KPK. Data hasil penelitian dianalisis keragamannya pada jenjang nyata 5 %, sedangkan untuk mengetahui perbedaan antar rerata perlakuan diuji menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Dari hasil penelitian menunjukan Pemberian kapur, dan bahan organik dapat memberikan pengaruh nyata dalam meningkatkan pH. Pemberian bahan organik memberikan pengaruh nyata dalam meningkatkan C organik overburden, sedangkan pemberian bahan organik, kapur, dan BIOBUGS mempunyai kecenderungan dalam meningkatkan N total dan KPK. Keywords: BIOBUGS B470 HV, Bahan organik, Kapur, Inokulasi, Overburden

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 600 Teknologi
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 30 Sep 2011 13:00
    Last Modified: 30 Sep 2011 13:00
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/907

    Actions (login required)

    View Item