REPRESENTASI MAKNA PESAN NILAI-NILAI MOTIVASI DALAM ALBUM ”FOR ALL” (Studi Analisis Semiotika Nilai-Nilai Motivasi dalam Lirik-Lirik Lagu pada album “For All” karya Bondan Prakoso & Fade 2 Black)

Arsidipta, F. Lingga (2011) REPRESENTASI MAKNA PESAN NILAI-NILAI MOTIVASI DALAM ALBUM ”FOR ALL” (Studi Analisis Semiotika Nilai-Nilai Motivasi dalam Lirik-Lirik Lagu pada album “For All” karya Bondan Prakoso & Fade 2 Black). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (943Kb) | Preview

    Abstract

    Seseorang atau sekelompok pemusik menciptakan suatu musik karena ada pesan yang hendak disampaikannya. Pemusik atau pencipta lagu mempunyai ide, gagasan, atau pengalaman yang ingin disampaikan kepada orang lain. Selain itu musik juga sebagai alat untuk mengekspresikan diri atau mengungkapkan pengalaman. Musik adalah sarana bagi para musisi, seperti kata-kata yang merupakan sarana bagi penulis lagu untuk mengungkap apa yang ingin disampaikan. Salah satu tujuan dari musik adalah untuk media berkomunikasi. Tidak banyak orang yang menyanyikan sebuah lagu hanya untuk menyenangkan diri sendiri, kebanyakan orang menyanyikan sebuah lagu karena ingin didengar oleh orang lain. Melalui musik musisi ingin menjelaskan, menghibur, mengungkapkan pengalaman kepada orang lain. Penelitian ini mengunakan metode semiotika dari pemikiran Ferdinand de Saussure yang menganggap bahwa makna tidak bisa dilihat secara atomistik atau secara individual. Saussure juga menegaskan bahwa bahasa adalah fenomena sosial, bahasa itu bersifat otonom: struktur bahasa bukan merupakan cerminan dari struktur pikiran atau cerminan dari fakta-fakta. Dalam teori Saussure dijelaskan bahwa tanda memiliki 3 unsur yang saling berhubungan yaitu penanda (signifier), petanda (signified) dan signifikansi. Dalam penelitian lirik pada 7 lagu dari album For All karya ciptaan Bondan Prakoso & Fade 2 Black dapat dipisahkan menjadi bait-bait, kemudian tiap bait akan dianalisis dengan teori semiotika dari Sausure, terdapat tiga unsur, yaitu penanda signifier), petanda (signified) dan signifikansi. Proses ini menghubungkan antara lirik lagu dengan dunia eksternal yang sesungguhnya. Validitas interpretasi ini diperkuat dengan mengambil referensi dari buku, website dan wawancara. Dari 7 lagu dalam album For All karya ciptaan Bondan Prakoso & Fade 2 Black memiliki makna yang saling barkaitan mengandung pesan motivasi. Motivasi disini dapat diartikan sebagai tujuan jiwa yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas- aktivitas tertentu dan untuk tujuan-tujuan tertentu terhadap situasi disekitarnya dalam konteks kehidupan untuk mendorong dan menyemangati individu untuk melakukan sesuatu demi tercapainya suatu tujuan hidup yang lebih baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: 300 Ilmu Sosial
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
    Depositing User: Eny Suparny
    Date Deposited: 13 Oct 2011 10:54
    Last Modified: 13 Oct 2011 10:54
    URI: http://repository.upnyk.ac.id/id/eprint/935

    Actions (login required)

    View Item